Beranda » Adventure » Fakta Unik dan Menarik Tentang Raja Ampat

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Tak hanya Bali saja, Indonesia juga memiliki Raja Ampat yang tak kalah indahnya dengan Bali. Raja Amat sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di propinsi Papua yang beribukota di Waisai. Buat kamu yang menyukai diving, tentunya tempat ini tidak asing lagi. Keindahan bawah lautnya sudah terkenal sampai mancanegara. Selain keindahannya, Raja Ampat juga memiliki fakta unik dan menarik untuk diulas. Berikut ini fakta unik dan menarik Raja Ampat :

1. Penemu Raja Ampat

Raja Ampat ditemukan oleh seorang penyelam berkebangsaan Belanda bernama Maz Ammer. Tujuan awalnya adalah menelusuri keberadaan pesawat dan kapal yang digunakan dalam Perang Dunia II yang diperkirakan karam di kawasan tersebut. Ternyata Max Ammer sangat terpesona dengan keragaman biota laut yang ada di Raja Amapat tersebut. Lalu pada tahun 1998, ia mengajak Gerry Allen yang merupakan seorang ahli perikanan dari Australia untuk mengadakan survei di tempat ini. Tujuan utama Maz Ammer ke Raja Ampat pun berbuah manis, di daerah itu ternyata banyak ditemukan bangkai pesawat dan kapal laut bekas perang diantaranya mesin perang, kapal dan pesawat terbang bekas perang dunia II. Sejak saat itu, Raja Ampat menjadi terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Bisa dibilang kekayaan Raja Ampat bukan hanya karena keragaman biotanya saja namun juga kekayaan historinya.

2. Asal Mula Nama Raja Ampat

Dalam bahasa Indonesia, Raja Ampat berarti “Empat Raja” yaitu empat raja yang menguasai empat kerajaan di wolayah tersebut. Nama Raja Amapt sendiri diambil dari cerita rakyat yang ada di wilayah tersebut. Diceritakan pada zaman dulu ada sepasang suami istri yang tidak sengaja menemukan 6 butir telur naga di tepi sungai Waikeo. Karena merasa lapar, mereka berniat untuk memasak keenam telur tersebut. Namun ketika hendal dimasak, lima dari enam telur tersebut menetas dan keluar 5 bayi manusia terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan. Mereka kemudian diberi nama War, Betani, Dohar, Muhammad dan yang perempuan diberi nama Pintolee. Semua anak tersebut diurus oleh suami istri tersebut. Namun pada suatu hari Pintolee kedapatan hamil di luar nikah, karena merasa geram akan hal tersebut keempat kakaknya menghukumnya dengan cara menghanyutkan Pintolee diatas kulit bia(kerang besar) sampai terdampar di Pulau Numfor. Setelah itu ke empat anak lelaki tersebut menjadi raja di empat pulau yang berbeda. War menjadi raja di Waigeo, Betani di Salawati, Dohar di Misool dan Mohammad di Batanta. Dan satu telur naga yang tidak menetas yang kini menjadi batu diberi nama Kapatnai. Batu itu saat ini masih disimpan dan mendapatkan penghormatan khusus dari masyarakat setempat.

3. Hutan Amazon Dibawah Laut

Hutan amazon merupakan hutan yang memiliki spesies binatang darat terbanyak sedangkan Raja Ampat merupakan Hutan Amazon dibawah laut. Disini para penyelam bisa melihat Papuan Epaulette, hiu karpet Wobbegong Shark, kuda laut jenis pigmy sebesar ruas kelingking sampai ikan besar dengan bentang sayap sepanjang lima meter. Kehidupan bawah laut di Raja Ampat bagikan perpustakanaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

4. Mempunyai Terumbu Karang Terindah

Raja Ampat juga merupakan surganya terumbu karang. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan presentase penutupan karang hidup hingga 90% yaitu di selat Dampier(selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe-tipe terumbu karang disini adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Disini juga ditemukan tipe atol dan tipe gosong atau taka. Buat yang tidak bisa menyelam jangan khawatir, karena terumbu karang juga masih bisa dinikmati yaitu di kampung Saondarek. Pada saat pasang surut, disana juga bisa menyaksikan hamparan terumbu karang yang tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

5. Termasuk Dalam 10 Tempat Menyelam Terpopuler Di Dunia

Di Raja Ampat ada beberapa spot diving terkenal seperti Manta Point, Mike’s Point, Sardine Reef dan Shark Point. Tempat tersebut memiliki keistimewaan sendiri seperti di Manta Point disana kita akan muda menemukan ikan Manta dengan diameter 9 meter hilir mudik di sekitarnya. Di sekitar Kepulauan Kaboei Bay Rock terdapat sebuah teluk yang dibawahnya merupakan sebuah terowongan batu karang. Disana juga terdapat gua-gua karang yang dihuni oleh kelelawar dan bebrapa sisa tulang manusia. Karena daerahnya banyak pulau dan selat sempit maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini juga memungkinkan untuk melakukan drift dive menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan. Dan masih banyak situs terumbu karang yang belum pernah dijamah.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.